PENGAWASAN

DI PENGADILAN AGAMA MUNGKID

  1.  DASAR PENGAWASAN

Pengawasan merupakan salah satu fungsi pokok manajemen untuk menjaga dan mengendalikan agar tugas-tugas yang harus dilaksanakan dapat berjalan sebagaimana mestinya sesuai dengan rencana dan aturan yang berlaku.

Dalam melaksanakan tugas-tugas pengawasan pada Pengadilan Agama Mungkid, berpedoman pada :

  1. Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor : KMA/080/SK/ VIII/2006 tanggal 24 Agustus 2006   Tentang Pedoman Pelaksanaan Pengawasan di Lingkungan Lembaga Peradilan.
  2. Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor : KMA/145/KM/ SK/VIII/2007 Tentang Pemberlakuan Buku IV Pedoman Pelaksanaan Pengawasan di Lingkungan Badan-Badan Peradilan.
  3. Surat Keputusan Ketua Pengadilan Agama Mungkid Nomor : W11-A30/287/PS.01/ I/2012 tertanggal 19 Januari 2012, tentang Penunjukan Hakim Pengawas Bidang Tahun 2012.
  4. Surat Tugas Wakil Ketua Pengadilan Agama Mungkid Nomor : W11-A30/02/PS.01/ III/2012 tanggal 01 Maret 2012 tentang Pelaksanaan Pengawasan Hakim Pengawas Bidang; 

B. MAKSUD, TUJUAN DAN FUNGSI PENGAWASAN
 1. Maksud Pengawasan

Pengawasan Internal yang mencakup 2 (dua) jenis pengawasan yaitu Pengawasan Melekat danPengawasan Fungsional, dilaksanakan dengan maksud :

  1. Untuk memperoleh informasi apakah penyelenggaraan tehnis peradilan, pengelolaan administrasi peradilan, dan pelaksanaan tugas umum peradilan, pada Pengadilan Agama Mungkid telah dilaksanakan sesuai dengan rencana dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  2. Untuk memperoleh umpan balik bagi kebijaksanaan, perencanaan dan pelaksanaan tugas-tugas peradilan.
  3. Untuk mencegah terjadinya penyimpangan, mal administrasi dan ketidakefisienan penyelenggaan peradilan.
  4. Untuk menilai kinerja aparat peradilan Pengadilan Agama Mungkid.

 2. Tujuan Pengawasan

Pengawasan yang merupakan serangkaian kegiatan yang bersifat sebagai pengendalian yang terus menerus secara preventif dan represif, baik yang dilakukan oleh atasan langsung terhadap bawahannya maupun aparat pengawasan yang khusus ditunjuk untuk melaksanakan tugas pengawasan tersebut, bertujuan :

  1. Untuk menopang kerangka manajemen peradilan yang baik pada Pengadilan Agama Mungkid.
  2. Untuk menciptakan kondisi yang mendukung kelancaran, kecepatan, dan ketepatan pelaksanaan tugas sesuai dengan tugas pokok dan fungsi peradilan.
  3. Untuk memberikan masukan berupa data, fakta, pertimbangan dan rekomendasi kepada pimpinan Pengadilan Agama Mungkid sebagai bahan untuk menentukan kebijakan dan tindakan yang diperlukan menyangkut pelaksanaan tugas-tugas peradilan.

3.  Fungsi Pengawasan

Pengawasan yang dilaksanakan pada Pengadilan Agama Mungkid, berfungsi untuk :

  1. Menjaga agar pelaksanaan tugas lembaga peradilan sesuai dengan rencana dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  2. Mengendalikan agar administrasi peradilan dikelola secara tertib sebagaimana mestinya, dan aparat peradilan melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya.
  3. Menjamin terwujudnya pelayanan public yang baik bagi para pencari keadilan yang meliputi kualitas putusan, waktu penyelesaian perkara yang cepat dan biaya perkara yang murah.    

 C. PELAKSANAAN PENGAWASAN

Pengawasan pada Pengadilan Agama Mungkid dilaksanakan dengan melakukan pemeriksaan secara rutin/regular terhadapa seluruh aspek penyelenggaraan peradilan yang meliputi :

  1. Pelaksanaan tugas pokok dilingkungan kepaniteraan yang mencakup bidang administrasi persidangan dan administrasi perkara.
  2. Pelaksanaan tugas pokok dilingkungan kesekretariatan yang mencakup bidang administrasi kepegawaian, keuangan, inventaris, dan administrasi umum.
  3. Pelaksanaan atas penyelenggaraan manajemen peradilan, kinerja lembaga peradilan dan pelayanan publik serta perilaku pejabat dan pegawai Pengadilan Agama Mungkid.  

 D. NAMA HAKIM PENGAWAS BIDANG

Untuk merealisasikan pelaksanaan tugas-tugas pengawasan tersebut, Ketua Pengadilan Agama Mungkid telah menerbitkan Surat Keputusan Ketua Pengadilan Agama Mungkid Nomor : W11-A30/128/KP.04/I/2015 tertanggal 05 Januari 2014, tentang Penunjukan Hakim Pengawas Bidang Tahun 2014 dengan menunjuk Hakim Bidang, sebagai berikut :

No

NAMA

JABATAN

PENGAWAS BIDANG

1

Drs. Didi Nurwahyudi, MH

Wakil Ketua

Koordinator Hakim Pengawasan

2

Drs. Shonhaji Mansur, MH

Hakim

Administrasi Persidangan

3

Drs. Mukhlas, SH, MH

Hakim

Administrasi Umum

4

Drs. Umar Mukmin

Hakim

Kinerja dan Pelayanan Publik

5

Drs.Jazilin

Hakim

Gugatan dan Permohonan
6 Drs. H.M.Iskandar Eko Putro, MH Hakim IT, Meja Informasi dan Administrasi Perkara
  1.  HASIL PENGAWASAN

Hakim Pengawas Bidang yang telah ditunjuk berdasarkan Surat Keputusan Ketua Pengadilan Agama Mungkid dengan dibarengi Surat Tugas dari Wakil Ketua Pengadilan Agama Mungkid, telah melakukan pemeriksaan secara regular dan komperhensif tentang tugas pokok Pengadilan dilingkungan Kepaniteraan dan Kesekretariatan, sesuai bidang tugas masing-masing setiap 3 (tiga) bulan sekali, yaitu periode :

  1. Bulan Januari s/d Maret 2015
  2. Bulan April s/d Juni 2015

Hakim Pengawas Bidang sebelum melakukan pemeriksaan terlebih dahulu menentukan Obyek Pengawasan sesuai bidang masing-masing, lalu hasil temuan dirangkum dalam sebuah laporan yang dilengkapi dengan Kesimpulan dan Saran, yang dilaporkan kepada Ketua Pengadilan Agama Mungkid melalui Wakil Ketua Pengadilan Agama Mungkid;

Hasil temuan tersebut ditindaklanjuti oleh pimpinan Pengadilan Agama Mungkid, dengan mengadakan Rapat Dinas atau pertemuan rutin guna membahas temuan-temuan, dan mencari solusi terbaik dengan membuat perbaikan-perbaikan ataupun pembetulan;