Prosedure Pendaftaran Perkara Online

   Mohon dibaca dengan seksama. Ikuti urutan langkah-langkahnya sesuai prosedur yang diberikan.    

1. Pemohon/Penggugat membuat sendiri surat gugatan/permohonan.

2. Pemohon/Penggugat mengirimkan surat permohonan/gugatan yang telah ditandatangani oleh Pemohon/Penggugat melalui form pendaftaran perkara.

3. Jika Pemohon/Penggugat memakai kuasa hukum, harus dilampirkan surat kuasa yang sudah ditandatangani oleh Pemohon/Penggugat dan kuasa hukum Pemohon/Penggugat serta melampirkan fotokopi kartu tanda pengenal Advokat (ID Card) yang masih berlaku.

4. Setelah mengisi form pendaftaran perkara online, taksiran perhitungan panjar biaya perkara dilakukan dengan melihat radius tempat tinggal para pihak dengan ketentuan untuk CT P3 + T4 dan CG + P2+T3.

5. Pemohon/Penggugat membayar panjar biaya perkara melalui Bank BNI Kota Mungkid dengan nomor rekening :……………………….atas dengan mencantumkan nama pemohon/penggugat (pendaftar).

6. Bukti pembayaran panjar biaya perkara dari bank, pada hari itu juga harus dikonfirmasikan pada kelengkapan berkas perkara melalui menu upload Scan Bukti Pembayaran sebelum kas ditutup (pada hari itu sebelum jam kerja penutupan kasir).

7. Setelah dikonfirmasi oleh petugas pendaftaran Pengadilan Agama Mungkidd (Petugas Meja 1), bahwa panjar biaya perkara sudah dibayar, maka akan dibuatkan Surat Kuasa Untuk Membayar (SKUM) dan diberikan nomor registrasi pendaftaran perkara (perkara Anda sudah terdaftar di Pengadilan Agama Mungkid). Pengadilan akan memberitahukan Nomor Perkara melalui email/ nomor HP kepada Pemohon/Penggugat.

8. Pendaftaran selesai, Pemohon/Penggugat menunggu surat panggilan sidang yang akan ditujukan kepada Pemohon/Penggugat dan Termohon/Tergugat, sesuai dengan alamat yang terlampir dalam surat gugatan/permohonan.

9. Pada sidang pertama, Pemohon/Penggugat harus menyerahkan surat gugatan/permohonan asli (sejumlah 5 rangkap), surat kuasa asli (jika memakai kuasa hukum),dan tanda bukti pembayaran asli dari pihak bank diserahkan kepada petugas Petugas Meja 1 Pengadilan Agama Mungkid untuk divalidasi di kasir Pengadilan Agama Mungkid dan menerima (SKUM) asli dari kasir

10. Bagi yang menggunakan kuasa, surat kuasa harus didaftarkan kepada petugas pendaftaran Pengadilan AgamaMungkid (Petugas Meja 1) pada sidang pertama

11. Surat gugatan/permohonan yang sudah dikirim (diupload) tidak bisa diubah kecuali dalam persidangan.

12. Pendaftaran dilakukan pada hari dan jam kerja, pendaftaran diluar jam kerja akan direspon pada hari dan jam kerja berikutya.