2Kemerdekaan telah lebih dari 7 (tujuh) dasawarsa bangsa ini menghirup udara kebebasan, berdiri diatas kaki sendiri, di atas tanah tumpah darah dengan kedaulatan penuh, lepas dari segala bentuk cengkeraman penjajahan, 73 tahun merdeka usia yang tak lagi muda untuk sebuah bangsa membangun dirinya yang berdaulat di bidang Politik, berdikari di bidang ekonomi dan berkepribadian di bidang  kebudayaan.3

Jum’at  17 Agustus 2018, Pengadilan Agama Mungkid menggelar Upacara Bendera Peringatan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan RI ke-73 di Lingkungan PA Mungkid. Bertindak sebagai Inspektur upacara adalah Drs. H. Sahidin Mustafa, S.H., M.H. (Ketua PA Mungkid), sebagai Komandan upacara adalah Multazam, S.H.I, sebagai petugas pengibar bendera merah putih adalah Mahasiswi PPL dari UMM (Universitas Muhammadiyah Magelang)  5 Febri Zul Fitriana, Adelia Desrin Nasution dan Tri Wahyuni., sebagai Pembaca teks Undang-Undang Dasar 1945 adalah Ummu Syahidatul F. (Mahasiswi UMM), Drs. M. Iskandar Eko Putro, M.H bertindak sebagai pembaca doa dan Adib Susilo sebagai ajudan Inspektur upacara, serta Sekarsukma Syifadhiya (Mahasiswi UMM) sebagai Protokol, Upacara diikuti oleh  seluruh hakim dan Pejabat Fungsional dan Struktural dan pegawai pramubakti pengadilan agama Mungkid dan Mahasiswi PPL Universitas Muhammadiyah Magelang.

Tema dalam upacara bendera tahun ini adalah Kerja Kita Prestasi Bangsa. Dalam amanatnya  inspektur6 upacara Drs. H. Sahidin Mustafa, S.H., M.H. membacakan Kutipan teks sambutan Gubernur Jawa Tengah H. Ganjar Pranowo, SH. Point dalam cuplikan teks tersebut adalah memaknai kemerdekaan dengan meneladani nilai-nilai kejuangan para pahlawan dalam kehidupan nyata. Praktikkan nilai nilai Pancasila  dalam ucapan, teguh dalam pendirian, disiplin menjalankan tugas. Dan terus melakukan upaya revitalisasi nilai-nilai kebangsaan, kemerdekaan, dan demokrasi. Dengan pembentukan negara kebangsaan yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

7Setelah amanat inspektur upacara, acara dilanjutkan dengan penyerahaan Piagam Satya Lencana Karya Satya 20 Tahun, antara lain Hj. Rohimah, S.H.,M.H (Jurusita Pengganti) Dan Dina Munawaroh, S. Ag. (Panitera Muda Hukum) penerima penghargaan Satya Lencana Karya Satya.

Upacara diakhiri dengan pembacaan doa yang di pimpin oleh Drs. M. Iskandar Eko Putro, M.H.

Leave a Comment